Tips Jitu Menghilangkan Kebiasaan Merokok

ZOOMedia - Rokok telah menjadi tren dan menghisap rokok telah menjadi kebiasaan sebagian orang yang sangat sulit untuk dihentikan. Alasanya karena gaya hidup, biar keren, biar jantan, dan lain-lain. Padahal, disadari atau tidak, kesehatan perokok dan orang lain yang terkna asapnya terus-menerus terkikis.

Cara Berhenti Merokok Secara AlamiAnda pun bisa melihat berita sudah banyak yang meninggal karena roko, sudah banyak peringatan dibungkus rokok bahwa “rokok membunuhmu”. Bagi anda yang kini ingin berniat ingin mengembalikan kesehatan tubuh satu – satunya jalan yaitu mengikuti Cara Berhenti Merokok. Dengan anda mengerti apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kebiasaan anda merokok, nantinya perlahan tapi pasti anda akan bisa menghilangkan sifat buruk tersebut. Tentunya hal ini tak lepas dari kemauan anda yang kuat agar anda benar – benar bisa berhenti merokok.

1. Bulatkan niat dan kemauan anda
Hal ini sangat perlu dilakukan agar anda mampu untuk terhindar dari perokok berat, begitu juga ketika anda sudah mulai putus asa karena tidak kuat jauh – jauh dari rokok, kembalikan niat anda dari awal bahwa “saya akan berhenti merokok”.

2. Tetapkan sebuah target
Waktu yang anda tentukan buatlah lebih detail agar pencapaian targetnya jelas. Dengan begitu anda pun akan mulai menjalani hari – hari tanpa harus meroko sehingga pada waktu yang tertarget, anda pun telah mampu untuk menghilangkan kebiasaan untuk merokok.

3. Minta bantuan keluarga dan teman – teman
Cobalah untuk memberitahu sanak keluaraga atau teman – teman anda untuk keinginan anda ingin berhenti merokok. Tentu hal ini tidaklah mudah, terkadang malah mereka kurang support dengan niat baik anda mungkin karena penilaian yang melekat bahwa anda sudah menjadi perokok berat. Namun tetaplah pada keoptimisan anda dan berjanji kalau mulai hari ini ingin perlahan mengurangi rokok dengan bantuan orang – orang di sekitar anda.

4. Mulailah dengan cara yang mudah
Mungkin bagi orang yang telah lama merokok, akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan, oleh karena itu, cobalah untuk memulainya dengan mudah yaitu mengurangi kebiasaan merokok yang tadinya sampai 1 bungkus habis dalam sehari berkurang menjadi 1 bungkus dalam seminggu. Jangan mempersulit keadaan dan anda langsung berhenti merokok karena hal ini malah akan membuat anda frustasi atau stress berat.

5. Mencari kesibukan lain
Biasanya enaknya merokok setalh beraktivitas panjang, atau bersantai – santai dan mungkin juga setiap kali setelah makan. Nah ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya anda mencari kesibukan lain seperti bermain, tidur, atau membaca buku agar terhindar dari kebiasaan merokok.

6. Tidur lebih banyak
Sepertinya Cara Berhenti Merokok yang satu ini sangat ampuh. Jadi ketika anda sudah mulai kelelahan akan aktivitas sehari – hari, alangkah baiknya mengistirahatkan badan daripada merokok sambil bersantai karena hal ini akan menjadi sia – sia dan energi anda tidak kembali pulih.

7. Ganti kebiasaan merokok dengan lainya
Anda bisa lebih kreatif untuk menghindari rokok, dengan mengunyah permen karet, mengemil atau aktivitas lainya, sehingga anda akan terbiasa dengan perilaku tersebut dan lama – kelamaan isapan rokok pun berkurang dengan sendirinya.

8. Jangan jatuh ke lubang yang sama
Ketika teman atau kerabat anda yang muali mengiming – imingi untuk merokok, sebaiknya anda mengingat akan niat anda untuk berhenti merokok. Anda pun bisa menolak pemberian teman secara sopan dan tidak terkesan marah  – marah. Buatlah suasana tetap santai walau terkadang banyak orang yang sering menawari rokok pada anda.

9. Puasa
Jika anda benar-benar tidak mampu menahan untuk berhenti merokok, cobalah untuk berpuasa. Bagi anda umat muslim dan seorang perokok aktif, pastinya anda tidak akan merokok ketika belum saatnya berbuka. Hal ini tentunya mengurangi intensitas merokok anda, dari yang biasanya 2-3 bungkus sehari, kini hanya 1 bungkus sehari dan itupun hanya malam hari.

Inilah pilihan – pilihan yang baik untuk tips cara berhenti merokok secara alami. Sekali lagi satu hal tentang kesehatan wanita yang perlu anda lakukan sekarang adalah tetapkan diri anda untuk berhenti merokok mulai dari sekarang. Ikuti langkah diatas dan bisa anda buat sekreatif mungkin.

Share is care :)






Subscribe to receive free email updates:

Data Covid-19 Update