Ngobrol Santai! Petani Kab. Serang Rencanakan pembuatan Kebun Sehat Untuk Masyarakat

Ngobrol Santai! Petani Kab. Serang Rencanakan pembuatan Kebun Sehat Untuk Masyarakat

Gaspol - Serang (9/7) ditengah pemberitaan pandemi nasional, Kelompok Cahaya Tani Ds. Sukamanah Kec. Baros Kab. Serang berencana membuat kebun sehat untuk masyarakat lingkungan sekitar.

Kegiatan rutin bulanan kelompok yakni ngobrol santai sore hari ini dihadiri 20 orang anggota kelompok bertempat disaung milik kelompok Cahaya Tani.


Ketua kelompok tani Bapak Faoji Rohman (38) menyampaikan bahwa kegiatan ngobrol santai (ngobras)  sore ini rutin dilaksanakan setiap bulannya, diisi materi santai oleh pendamping tentang teknis pertanian serta informasi-informasi dunia pertanian dan dari BAZNAS. Ngobras kali ini juga dihadiri oleh kang Zulianto salah satu tokoh muda di Kab. Serang yang mengisi materi motivasi tentang nikmatnya jadi petani.

Ngobrol Santai! Petani Kab. Serang Rencanakan pembuatan Kebun Sehat Untuk Masyarakat


Ngobras sore ini selain mendengarkan materi, kami juga merancang tentang Kebun Sehat untuk Masyarakat, salah satunya dengan menyiapkan tanaman-tanaman sayuran yang sudah tumbuh dan kami bagikan kepada masyarakat 1 rumah 10 tanaman, "kenapa begitu? Karena kami ingin bermanfaat untuk masyarakat sekitar sehingga petani makin tangguh dan bertumbuh" tambah pak Faoji Rohman.


Sementara itu kegiatan budidaya yang pokok saat ini sedang diolah adalah budidaya tanaman padi sawah, budidaya cabai merah, budidaya bayam dan sesim,  dan akan segera panen untuk tanaman sesim dan bayam.

Salah satu tokoh muda kab. Serang Kang Zuliyanto, menyampaikan pesan kepada para petani agar berterimakasih kepada BAZNAS yang sudah mengelola Zakat hingga dirasakan oleh petani, dan mengingatkan agar tetap niatkan karena Allah SWT setiap akan  bertanam, bertani, dan beristqomah juga dalam beribadah, karena selagi manusia makannya masih nasi maka petani harus ada, dan agar berkah maka jangan lupa untuk taat beribadah.

Ngobrol Santai! Petani Kab. Serang Rencanakan pembuatan Kebun Sehat Untuk Masyarakat


Saya sangat tertarik dengan program-program yang dibuat oleh Kelompok Cahaya Tani seperti budikdamber, pangan keluarga dan aktivitas lainnya, banyak manfaatnya dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. "Sebetulnya saya iri, saya orang kampung tapi tak merasakan sejuknya sawah dan hijaunya sawah, karena sekarang sawah berubah jadi ruko berubah jadi rumah dan berubah jadi pabrik. Sehingga melihat aktivitas bapak-bapak disini saya banyak  belajar tentang bagimana budidaya tanaman dan merawat tanaman. Saya berdoa semoga apa yang direncanakan oleh kelompok dapat terlaksana dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar khususnya, dan umumnya untuk masyarakat Kab. Serang imbuh Kang Zuliyanto.


Kegiatan pangan keluarga ini memang program lanjutan dari budikdamber yang dikeluarkan di era pandemi covid 19, dengan tujuan untuk membantu masyarakat sekitar kelompok agar dapat menyediakan pangan secara mandiri di pekarangan rumah masing-masing serta mengedukasi masyarakat luas untuk bertani meski dilahan yang sempit.

#BAZNAS
#LPEM
#LUMBUNGPANGAN
#SEMESTAKEBAJIKANZAKAT

Subscribe to receive free email updates:

Data Covid-19 Update