Hukum Solat Tarawih Tapi Tidak Berpuasa


Gaspol - Apakah salat tarawih sah meskipun tidak puasa, lalu bagimana hukum puasanya?

Berikut ulasan jawaban dari pertanyaan tersebut:

Tarawih Sunnah, Puasa Wajib

Pelaksanaan ibadah salat Tarawih bukan merupakan syarat sah puasa. Salat tarawih adalah fasilitas peribadatan khusus yang diberikan kepada umat Islam di bulan Ramadan.

Hukum salat tarawih sunnah muakkad, sementara puasa hukumnya wajib. Allah SWT memberi fasilitas salat Tarawih kepada umat Islam agar sepanjang bulan Ramadan umat Islam melakukan ibadah, baik siang mau pun malam hari, baik ibadah individu mau pun ibadah sosial, baik wajib mau pun sunnah.

Sah atau tidaknya salat tarawih hanya berkaitan dengan syarat sah salat. Puasa bukan merupakan syarat sah salat.


Perlu ditekankan bahwa puasa Ramadan merupakan fardlu ‘ain bagi semua mukallaf (orang yang sudah cakap hukum), kecuali bagi pihak yang mendapat keringanan untuk tidak melaksanakan puasa. Pihak yang mendapat keringanan untuk tidak berpuasa mencakup orang sakit; musafir; perempuan hamil, haid, melahirkan, dan nifas; dan orang tua udzur. Bagi yang tidak memiliki halangan, maka kewajiban puasa tetap ada padanya. Melalaikan pelaksanaan ibadah puasa akan memperoleh konsekwensi ukhrawi.

Untuk itu, hendaklah fasilitas yang diberikan dalam bulan suci Ramadan ini digunakan untuk berupaya meraih keutamaan-keutamaan yang telah disiapkan oleh Allah bagi kita. Di samping melaksanakan ibadah wajib, bukankah lebih utama jika kita melaksanakan juga ibadah-ibadah sunnah dan kebaikan-kebaikan yang lain.

Wallahu a’lam. [tribun]

Subscribe to receive free email updates:

Data Covid-19 Update