Dibina PLUT Banten, Omset UMKM Tembus Rp2,5 Miliar

Dibina PLUT Banten, Omset UMKM Tembus Rp2,5 Miliar

Gaspol - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Banten terus mendorong pelaku Usah Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banten naik kelas. Strateginya dengan memberikan pendampingan dan konsultasi gartis dari sisi sumber daya manusia (SDM), permodalan, produksi,  kelembagaan, IT, kerjasama hingga aspek pemasaran.

Konsultan Bidang Pembiayaan PLUT Banten, Iim Imatullah mengatakan, dalam satu tahun PLUT Banten membina lebih dari 100 UMKM untuk naik kelas. Baik dari segi kenaikan aset maupun pendapatan UMKM.

“Kami juga tidak menutup bagi para pelaku UMKM yang ingin konsultasi, tinggal datang saja ke Kantor PLUT Provinsi Banten. Pasti akan kita layani gratis,” kata Iim kepada media saat ditemui di Kantor PLUT Banten, di Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (8/6).

Iim mengatakan, dalam program pengembangan UMKM sendiri, para pelaku usaha akan dibantu dari berbagai sektor, seperti memberikan mentoring bersama pelaku bisnis yang sudah berhasil, serta berbagai kendala lainnya yang dihadapi oleh pelaku UMKM.

“Jadi buat masyarakat jangan sungkan untuk datang kesini, meskipun kami menargetkan 100 UMKM naik kelas dalam setahun, tapi kami juga ingin semua UMKM di Banten ini maju melalui PLUT,” imbuh Iim.

Berikan Layanan Konsultasi Gratis

Saat ini kata Iim, UMKM binaan PLUT Banten sudah memiliki progres yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah UMKM yang berhasil menaikan pendapatan sampai Rp2,5 miliar dalam satu tahuh.

“Tidak perlu syarat yang banyak, yang penting mau berusaha dan niat yang serius, PLUT Banten siap membantu akses para pelaku UMKM,” papar Iim.

Lebih lanjut Iim menerangkan, PLUT Banten memiliki tujuh layanan untuk membantu pelaku UMKM naik kelas, yaitu konsultasi Sumber Daya Manusia (SDM), konsultasi kelembagaan, konsultasi produksi, konsultasi pembiayaan, konsultasi pemasaran, konsultasi pengembangan IT, dan konsultasi jaringan kerjasama.

“Kami juga bekerja sama dengan beberapa instansi lain seperti, akademisi, Bank Indonesia Provinsi Banten, serta pelaku bisnis lain yang sudah sukses untuk mementori UMKM binaan kami,” kata Iim.

Pihaknya berharap, dengan adanya keterbukaan dari PLUT Banten yang dinaungi langsung oleh Dinas Koprasi dan UKM Banten, dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk memajukan sektor UMKM.

“Kalau UKM kita maju juga bagus kan. Tentu akan mengurangi pengangguran dan pendapatan daerah bisa meningkat,” tutup Iim.[ekbisbanten]

Subscribe to receive free email updates:

Data Covid-19 Update